TV atau Smartphone Layar Transparant?

Apakah kamu ingat ponsel transparan yang dipakai Tony Stark di film Ironman?
Ponsel nyaris tanpa bezel transparan dan digunakan untuk ngehack komputer militer, serta mengendalikan segala sistemnya. Teknologi  ini sudah ditemukan, tapi belum bisa diaplikasikan ke ukuran ponsel. Layar transparan dalam bentuk Flat TV merupakan penemuan mengesankan dalam dekade terakhir, namun masih jauh dari bayangan film Ironman.

Film fiksi ilmiah menayangkan ide layar ini selama bertahun-tahun, tapi produsen teknologi - Planar Systems, tidak berpikir itu untuk ukuran ponsel; mereka berpikir untuk ukuran yang lebih besar.



Ukuran yang tepat untuk transparansi

"Layar Transparan alias tembus pandang, apa yang terjadi di depan sepenuhnya terlihat dari belakang"
Jennifer Davis (Planar System), seperti dikutip Inverse: "Banyak orang memakai ponsel dan tidak ingin 'diintip' orang. Melihat video lucu atau mengirim email sensitif, sms atau chatting dewasa, kamu pasti ingin privasi "

So, kurang masuk akal bila layar transparan diterapkan untuk ponsel mengingat barang itu bersifat pribadi. Pada, layar yang lebih besar dan untuk tontonan, hal itu lebih masuk akal.



Display transparan Panasonic terpasang pada rak.

Pada Consumer Electronics Show (CES 2016), Panasonic memamerkan beberapa TV transparan , yang bisa beralih dari wujudnya sebagai rak kayu ke HD-TV. TV ini bahkan dibuat rendah supaya anak-anak dapat menonton dan mengintip ada apa dibelakang layarnya. TV ini juga bisa diatur transparansinya untuk menampilkan konten seperti cuaca, jadwal bioskop, jadwal olahraga, dll. 

Planar punya konsep lanjutan yaitu : kemampuan touch-screen. Layar bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti promosi toko di Mall, menampilkan informasi di museum, atau produk-produk pilihan toko fashion .

Ini bukan impian lagi: TV ini ada bisa dipesan sekarang. Model terkecil, 55-inch 1080 layar full HD, senilai  USD 15.000 (Sekitar Rp 187,5 Juta.). Harga yang sangat mahal untuk sebuah TV bahkan senilai harga Mobil. Terpikir oleh kamu tidak untuk membeli nya? (ya mungkin suatu saat jika kita kaya raya :)


Konsep video planar pada layar transparan (melingkar)

Nilai lebih layar transparan
Ada beberapa aplikasi menarik yang bisa dilakukan oleh teknologi layar transparan ini melebihi kemampuan TV normal.

Planar akan menjual ke museum interaktif, dengan menampilkan AR (augmented reality) sehingga tidak memerlukan headset besar. Pengunjung bisa melihat rekonstruksi tulang dinosaurus melalui kaca dengan teks dan grafis overlay untuk menampilkan informasi lebih lanjut tentang makhluk tsb. Bayangkan jika Museum hewan di Jatim-Park 2 memiliki ini. Amazing,..

Layar ini juga bisa digunakan di toko ritel: Bayangkan sebuah fashion store dengan jendela raksasa yang hidup menciptakan tampilan luar biasa, produk dan iklan digital besar dalam video atau animasi.

Rumah Sakit bisa menggunakannya layar "Asisten Digital" di lobby untuk memberikan petunjuk, arah, membantu mengisi formulir online dan berinteraksi dengan ponsel pengunjung.
Layar interaktif transparan untuk toko ritel

Planar mengatakan tidak hanya ingin menaruh kotak besar ke bangunan; ia ingin layar transparan ini menjadi media yang interaktif.

 "Kami ingin melihat kamu tidak memiliki batas fisik teknologi dan lingkungan yang selama ini melalui tombol"

Bagaimana menurut mu, kira-kira TV transparan ini cocok jika dipakai di rumah? atau di kantor kamu?

Refererensi
www.inverse.com
Share on Google Plus

About Ari Cahyono

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar