Pertama di Dunia, Jam Tangan Canggih dengan Proyektor

Tidak diragukan lagi perangkat gadget yang bisa dipakai (wearable), adalah gadget paling hot saat ini. Ada smart watch, smart bracelet, smart ring, smart glass, dll. Semua pada inti nya memindahkan fungsi perangkat elektronik seperti smartphone (dan atau yang lainnya) ke dalam perangkat kecil yang sehari-hari kita pakai.

Adalah smartwatch (jam tangan pintar) produksi ASU dari china menyematkan fitur proyektor di dalam nya, yang dalam sejarah gadget baru pertama kali di dunia. Smartwatch ini dinamai ASU Cast 1 (one). 




Singkat nya, kamu bisa menonton film, presentasi, atau bermain games sehingga terlihat dinding atau layar besar yang diproyeksikan di depan gadget ini. Kamu bisa memakai dinding, langit-langit kamar, lantai, meja bahkan kaca mobil untuk menyorotkan proyektornya.

Bagaimana ini mungkin ?

ASU melaporkan telah menggunakan komponen modul laser proyektor terkecil yang bisa menyorotkan cahaya dari 2 inch hingga 60 inch. Hasil gambar yang diproyeksikan memiliki resolusi yang cukup bagus yaitu 1280 x 600, dan bisa memutar file video dengan kualitas 720p (HD video). Proyektor tersorot dari sisi kanan smartwatch ini, kamu bisa mengatur jarak sorot dari 1,5-2 cm (bisa terproyeksi di tangan). Mereka meng-klaim kalau teknologi proyektor ini lebih tinggi dari DLP yang ada di projector pada umumnya.


Spesifikasi

Smartwatch ber-proyektor ini dibekali prosesor quad-core Qualcomm APQ8026, Memory RAM 768 MB, ROM (internal space) 4 GB, dengan OS Android 5.1
Seperti layaknya smartphone, dia menjalan fungsi menjawab panggilan, cek notifikasi message (harus dipasangkan/ pairing dengan smartphone). Baterai nya berkapasitas 740 maH, sayang sekali dengan kapasitas kecil ini bisa diperkirakan berapa lama proyektor akan berfungsi. 

Kecerahan proyektor 5-15 lumens, sebanding dengan 100 lumens proyektor DLP biasa. (lumens adalah satuan brightness cahaya proyektor)

Jam ini punya sensor gesture, sehingga bisa mengenali perintah dengan lambaian tangan mengarah ke sensor nya. 
Sayang nya tampak nya seperti di iklan, layar utama nya tidak menyala seperti layaknya smart-watch pada umumnya. Informasi yang ada harus diproyeksikan untuk melihatnya. 

Layar LCD jam nya seperti tampak seolah-olah sebagai touch-pad pada laptop. 



Untuk harga gadget ini terbilang cukup mahal, USD 459 (Rp 5,7 juta). Harga nya diatas dirilis di China. Belum jika masuk Indonesia bisa lebih mahal lagi. :)

Referensi
http://www.gizmochina.com
http://www.a-su.com.cn
Share on Google Plus

About Ari Cahyono

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar