Nanobot (Robot Nano) Untuk Membasmi Sel Kanker

Bagi yang pernah menonton film Hollywood, ada adegan nanobot membangun dan membentuk sesuatu di film Big Hero 6 dikendalikan gelombang otak, dan nanobot juga bisa mengatur cuaca, merusak struktur baja atau membentuk nya ulang pada film Transcendence

Nanobot atau Robot berukuran nano, adalah robot super kecil ciptaan manusia yang diprogram untuk melakukan suatu perintah. Dan saat ini teknologi nano-bot sedang dikembangkan dalam dunia kedokteran dan militer. 


Ilustrasi Nano Bot
Bayangkan jika keluarga kita memiliki kanker yang tak kunjung sembuh, dengan ada nya teknologi nano-bot yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan mengembalikan sel kanker menjadi sel normal. Keajaiban akan terjadi. Manusia bisa 99% sembuh dari kanker. 


Metode pengobatan kanker saat ini ada 3, yaitu dengan
  1. Pembedahan (stadium awal), 
  2. Kemoterapi (pada kanker yang telah menjalar / stadium lanjut)
  3. Radioteapi (menggunakan sinar x-ray).  

Kemoterapi banyak dipakai, karena metode ini mampu mengobati kanker secara lebih spesifik, efektif dan efisien.

Namun kemoterapi bermasalah dengan tingkat spesifikasinya. Karena jika disuntikkan ke tubuh, obat chemo nya menyerang sel kanker dan sel sehat secara bersamaan. Terang saja menimbul beberapa efek pada tubuh kita.



 Video Journey Into Nanotechnology


Nanobots changing cancer patients lives

DNA Nano-bot, adalah robot super kecil yang terbuat dari DNA mengangkut partikel obat kemoterapi ini, dan di program untuk membunuh sel kanker.
DNA Nano bot dengan ukuran super kecil

Selama hampir 2 tahun nanobot dikembangkan oleh Harvard's Wyss Institute, nanobot dirancang otomatis untuk menyerang sel kanker.

Nanobot berukuran 35 nano-meter, 200x lebih kecil dari sel darah merah kita.


Bagaimana DNA nano-bot masuk dan menyerang sel kanker? Karena nano-bot berukuran sangat kecil, dia dibuat dengan metode DNA Origami (merangkai molekuk-molekul kecil) untuk membentuk cangkang (kapsul), yang di dalam nya telah di beri partikel super-kecil obat kemoterapi.
Nanobot terbentuk dari rangkaian DNA membentuk Capsule (Cangkang), bagian ungu muda adalah muatan molekul obatnya. 

Nanobot beraksi membuka cangkang DNA nya
dan melepaskan Molekul obat ke sel kanker

Nanobot disuntikkan ke dalam aliran darah, dan telah diseting menuju organ dan sel target kanker yang telah ditandai. 

Masa depan nanobot DNA sangat bagus untuk kemajuan pengobatan kanker. Saat ini sudah dikembangkan 12 jenis nanobot untuk tipe sel kanker yang berbeda. 

Semoga teknologi ini benar-benar bisa berguna di masa depan. Supaya pasien dengan kanker memiliki harapan hidup lebih panjang. 

(dilansir dari https://ninithi.com/ )
Share on Google Plus

About Ari Cahyono

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar